Karbohidrat vs. Protein vs. Lemak? from Diani Adrina's blog

Ada apa dengan ketiga makronutrien tersebut? Ada aliran diet yang sangat pantang 'mempertemukan' mereka. Padahal didalam 1 makanan sering kali ketiganya hadir. Apakah didalam 1 bahan makananpun mereka tidak akur?


Hari ini saya kedatangan 1 orang pasien yang menderita diabetes melitus. Tidak ada yang istimewa saat beliau menceritakan riwayat penyakitnya sampai dengan ketika beliau berkata,"Saya tidak mengerti mengapa gula darah saya bandel Dok. Padahal saya cuma makan nasi 4 sendok makan dan tidak pernah mencampur lauknya untuk dimakan bersamaan". Respon saya,"Justru itu gula darahnya susah turun. Ibu penganut Food Combining ya?" Ibu tadi mengangguk dengan wajah bingung. 


Didalam tubuh kita bahan makanan sumber karbohidrat diuraikan menjadi produk akhir berupa gula atau glukosa. Kemampuan suatu makanan dalam meningkatkan kadar gula darah disebut indeks glikemik (glycemic index) Semakin sedikit variasi nutrien yang ada bersama sumber karbohidrat maka semakin cepat perubahannya menjadi glukosa. Sebaliknya, semakin banyak variasi nutrien yang menemani karbohidrat dalam makanan maka semakin lambat berubahannya menjadi glukosa. 


Pada kasus pasien saya hari ini telah terjadi perubahan nasi menjadi glukosa dalam waktu yang cepat karena beliau memisahkan konsumsi nasi dari lauknya. Padahal kehadiran protein dan lemak selain memperlambat proses penguraian karbohidrat menjadi glukosa juga memperlambat penyerapan glukosa diusus kita. 


Setelah mendapat penjelasan tentang proses perubahan nutrien didalam tubuh akhirnya beliau setuju untuk mulai pola makan dengan komposisi seimbang setiap kali makan. Nah, apabila anda juga punya masalah kesehatan saya sarankan untuk menjalankan pola makan seimbang saja. Variasi diet diluar sana hanya bisa dijalankan bila tubuh kita masih sangat prima untuk beradaptasi dan melakukan kompensasi. 


Berikut adalah 2 literatur yang saya pakai untuk menjelaskan proses diatas kepada pasien saya:

CLINICAL DIABETES • Volume 29, Number 4, 2011

J. Nutr. 136: 2506–2511, 2006.



Previous post     
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Diani Adrina
Added Jul 2 '13

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives